Objek grafik 2 dimensi adalah sekumpulan titik-titik 2
dimensi yang dihubungkan dengan garis lurus, baik berupa polyline, polygon atau
kurva. Objek grafik 2 dimensi didefinisikan sebagai kumpulan titik 2dimensi
yang secara komputasi dinyatakan sebagai array 1D, atau linkedlist sesuai
dengan struktur data yang digunakan dalam menyatakan kumpulan titik 2D
ini.
Objek grafik dimensi juga adalah gambar 2 dimensi yang
sumbu x dan sumbu y, atau sumbu koordinat cartesius dua dimensi. Dua sumbu
yang saling bertegak lurus antar satu dengan yang lain, yang keduanya terletak
dalam satu bidang (bidang xy).
Sedangkan Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi
gambar digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil objek-objek dua
dimensi (2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri (juga
disebut sebagai grafik vektor), gambar digital (raster graphics), fungsi
matematika, dan sebagainya. Komponen-komponen ini dapat dimodifikasi dan
dimanipulasi oleh transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi,
dan dilatasi.
Model-model yang digunakan pada disain grafis 2D
biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, atau fenomena yang
bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan, bayangan, pantulan, refraksi, dan
sebagainya. Namun demikian, mereka dapat membuat model berlapis-lapis (layer);
nyata, translusen, dan transparan, yang dapat ditumpuk dalam urutan tertentu.
Urutan tersebut biasanya didefinisikan dengan angka (kedalaman lapisan, atau
jarak dari si penglihat).
Macam-Macam objek 2D :
·
Line
·
Circle
·
Arc
·
Polygon
·
Text
·
Section
·
Rectangle
·
Ellips
·
Donut
·
Star
·
Helix
Dari macam-macam objek 2d ini saya akan membahas 3
macam:
Circle
Circle atau lingkaran adalah object 2 dimensi yang
memiliki ukuran diameter dan jari-jari. Circle atau lingkaran merupakan
kumpulan titik-titik yang tak berhingga dan saling berhubung.
Line
Objek line/garis adalah objek salah satu 2 dimensi
yang sangat mendasar dan sering digunakan untuk perancangan gambar kerja. Line
berasal dari 2 titik yang saling terhubung.
Polygon
Polygon adalah suatu fungsi yang mirip dengan
polyline, hanya saja hasilnya adalah kurva tertutup. Pada polygon digunakan
konsep array dalam menyatakan objek 2D sebagaikumpulan titik 2D. Polygon
digunakan untuk merepresentasikan objek-objek dua dimensi. Suatu poygon paling
sedikit dibatasi oleh tiga garis yang saling terhubung di antara ketiga titik
tersebut.
Adapun langkah-langkah untuk mendefinisikan objek
grafik 2 dimensi :
1.
Mendefinisikan struktur dari titik 2D
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIz3b1bZXYtxVeUgI1f3xHtl7EJ96wA90mYy94FIG2Td2ouKs0HQc_b95I19DecygHeXOA4qy8dzJcKQakOOHrfLmzJNqRQgQ3_f7nv3C3a1BO7lLcBYHEwLm6FIRYNInKKZgruS2uOFro/s1600/mf.png)
Sistem Koordinat OpenGL
2.
Mendefinisikan struktur warna
Untuk
memberi warna pada objek, seperti titik atau garis, dapat dilakukan dengan
menggunakan fungsi " glColor3f(red,green,blue);
Di mana red, green, blue berada pada 0 sampai dengan
1, yang menunjukkan skala pencerahan dari masing-masing skala.
3.
Mendefinisikan struktur dari objek grafik 2D
Fungsi gluOrtho2D (left,right,bottom,top) " gluOrtho2D(-320,320,-240,240)
Objek
primitive (Lanjutan)
a. Triangle "GL_TRIANGLES
Triangle
atau segitiga adalah tiga buah titik yang terhubung menjadi suatu segitiga
dengan blok di tengahnya.
b. Quads " GL_QUADS
Quad atau
segempat adalah empat buah titik yang terhubung menjadi suatu segempat dengan
blok di tengahnya.
c. Polygon " GL_POLYGON
Polygon merupakan suatu fungsi yang mirip dengan
polyline, tetapi menghasilkan kurva tertutup dengan blok warna (fill).
0 komentar:
Posting Komentar